Saturday, June 28, 2014

Trend Gamming Masa Depan Dengan Virtual Reality

Virtua Reality Gamming

Pernahkan Anda mendengar istilah Virtual Reality ?  

Mungkin Istilah ini masih terdengar asing di telinga kita. Seperti yang dikutip dari Wikipedia, Virtual Reality atau juga dikenal sebagai immersive multimedia , merupakan teknologi yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer (computer simulated environment) dengan suatu lingkungan sebenarnya yang ditiru atau benar-benar hanya ada dalam imajinasi.


Timeline
1950-an
Morton Heiling membuat sebuah tulisan berjudul "Experience Theater" yang berisi keterlibatan pancaindra ketika melihat sebuah objek visual. Pada akhirnya, merealisasikan melalui prototipe mesin yang di beri nama Sansorama. Mesinini mampu menghadirkan efek yang dapat dirasakan oleh penonton, meliputi, suara , bau, sentuhan dan tentu saja visual.

1962
Konsep Virtual Reality  kemudia hadir dalam bentuk yang lebih canggih dengan memanfaatkan teknologi komputer dan layar memonitor melalui ide Dauglas Engelbart, seorang Teknisi radar.

1965
Ivan Sutherland berusahan untuk meniru dunia fisik dengan penggunaan penemuannya. Dia menyebutnya Ultimate Display. Virtual Reality dalam penemuan ini  akan terlihat seperti dunia yang kita tempati. Versi  Sutherland ini tidak hanya berfokus pada objek 3D tetapi juga memberikan rangsangan taktil yang dianggap oleh beberapa orang sebagai konsep asli ketika mempertimbangkan sejarah Virtual Reality.

1966
Thomas A. Furness III memperkenalkan visuak Flight Simulator untuk pesawat Air Force.

1968
Ivan Shuterland bersama dengan muridnya, Bob Sproull membuat virtual reality dan augmented reality pertama dengan sistem head-mounted Display yang diberi nama The Sword Of Damocles.

1978

Andrew Lippmand bersama timnya mengembangkan Hypermedia System lewat Aspen Movie Map yang menawarkan

1991

Antonio Media  yang merupakan ilmuwan NASA merancang sebuah virtual reality system yang mampu mengedalikan Rover Mars (sebuah kendaraan jelajah tanpa Awak di Mars) dari Bumi melalui system yang di berikan nama Computer Simulated Teleoperation.


Virtual Reality Games

Konsep permainan games pun akhir nya akhirnya merambah  ke Wearable virtual reality yang dapat digunakan, meliputi headgear dan sarung tangan yang sudah ditanamkan berbagai macam sensor. Hal ini dimaksudkan agar memberikan sensasi permainan game nyata intuitif.



virtual reality games
  





OMNI  VIRTUIX

Omni Virtuix merupakan perangkat virtual reality yang menawarkan pengalaman gaming ke tingkat yang lebih tinggi. 

Perangkat ini terdiri dari omni directional treadmill yang menawarkan permainan lebih nyata kerena gamer dituntut untuk berjalan, berlari atau bahkan melompat mengikuti alur game di dunia virtual yang sedang dimainkan. 

Untuk menunjang kemampuan ini, Omni Virtuix dilengkapi sepatu khusus yang dikenakan ke penggunanya. Konsep ini tentunya akan memberikan pengalaman lebih memuaskan kepada penggunanya ketimbang hanya duduk ketika memainkan game.

omni virtuix, shoes, treadmill


Untuk Lebih jelasnya mengenai OMNI VIRTUIX lihat Video ini.



Nah, selaim itu masih ada lagi teknologi dari virtual reality , untuk mengetahuinya, jangan lupa ikuti kami di sosial media untuk mendapatkan info terbaru tentang virtual reality :D

Oke, sekian dulu info tentang virtual reality, nantikan episode selanjutnya.
Semoga isi artikel ini  bermanfaat untuk Anda. 
Terima Kasih :D

4 comments

makasih gan infonya :D
sangat bermanfaat :D
izin share ,, biar temen ane pada tahu :D

boleh gan :D
Makasih sudah mampir kesini :D

gile keren banget gan >.<
jadi pengen nih gw...

haha :D
enak nya ngegame sambil olahraga :D

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik artikel di atas.

Jika Anda ingin komentar di luar topik postingan, silahkan masuk di Forum Kami.

Terima Kasih :D