Monday, April 21, 2014

Cara Upgrade Ubuntu 13.10 ke Ubuntu 14.04 Trusty Tahr

download, Upgrade Ubuntu 13.10 ke Ubuntu 14.04 Trusty Tahr

Graphical Upgrade:


Ini adalah cara paling mudah untuk meng-upgrade Ubuntu dari versi apapun kepada Ubuntu Versi terbaru. Anda dapat meng-upgrade hanya dengan beberapa klik dan sisanya dari proses Ubuntu akan melakukan.



Langkah 1: Buka "Dash" dan Search "Update Manager" kemudian buka. Dalam update manager Klik tombol "Settings" .
tutorial, Upgrade Ubuntu 13.10 ke Ubuntu 14.04 Trusty Tahr

Langkah 2: Nonaktifkan semua repositori Pihak Ketiga dari "Other Software" Tab.

cara mudah Upgrade Ubuntu 13.10 ke Ubuntu 14.04 Trusty Tahr


Langkah 3: Klik "Updates" Tab pada akhir jendela ini "Notify me of a new Ubuntu Version" Pilih "For any new Version" dan klik ok, kemudian tutup update manager .

Upgrade Ubuntu 12.04 ke Ubuntu 14.04 Trusty Tahr


Langkah 4: Sekarang mulai "Update Manager" lagi dan Klik pada tombol "Upgrade". Itu saja

Upgrade Ubuntu 12.10 ke Ubuntu 14.04 Trusty Tahr



Command Line Upgrade:


Upgrade ke LTS Rilis dari Normal:
Jika Anda berada di versi normal Ubuntu dan Anda ingin meng-upgrade ke versi LTS, sederhana ikuti panduan ini. Masukkan perintah berikut ini dalam terminal untuk menginstal Core Update-Manager:
sudo apt-get install update-manager-core

Sekarang masukkan berikut ini untuk membuka file rilis dalam Text Editor:
sudo gedit /etc/update-manager/release-upgrades
 Sekarang ubah normal ke  LTS di file teks yang terbuka
Prompt=lts
Sekarang masukkan perintah berikut ini dalam terminal untuk meng-upgrade
sudo apt-get update
sudo do-release-upgrade -d
 atau menggunakan perintah ini untuk meng-upgrade
sudo apt-get dist-upgrade -d

 Upgrade ke normal rilis dari LTS (Long Term Support):

Jika kamu berada di versi LTS mungkin Anda tidak dapat meng-upgrade ke rilis normal terbaru, Untuk melakukan ini, Kamu perlu mengedit  release text file. Jadi mari kita mulai.
Masukkan perintah berikut ini dalam terminal untuk menginstall Core Update-Manager:
sudo apt-get install update-manager-core
Sekarang ikuti berikut ini  untuk membuka file rilis dalam text editor :
sudo gedit /etc/update-manager/release-upgrades
Sekarang ubah LTS ke normal dalam file teks yang dibuka
Prompt=normal
Sekarang masukkan perintah berikut ini dalam terminal untuk meng-upgrade:
sudo apt-get update
sudo do-release-upgrade -d
atau menggunakan perintah ini untuk meng-upgrade :
sudo apt-get dist-upgrade -d

Nah hanya begitu saja, kamu lebih suka cara yang mana  Graphical Upgrade atau Command Line Upgrade ? :D
Jika ada kesulitan , tanyakan saja di kotak komentar.







19 comments

Gan, mohon pencerahannya...

Tadi saya coba update sesuai petunjuk agan, ntah gmn prosesnya tiba-tiba "FAILED" keterangannya "ada kesalahan pada koneksi internet".

pertanyaannya sekarang, ketika saya coba memulai dari awal lagi, keterangan di software updater-nya, "The software on this computer is up to date". terus gimana saya harus upgrade-nya ya? tombol upgrade-nya ga ada.

Thx ya, gan

Gini gan , agan menggunakan versi ubuntu berapa sekarang ?

bisa juga agan menggunakan Command Line Upgrade jika cara Graphical Upgrade bermasalah.

thx gan atas kunjungannya :D

Gan, saya pengguna ubuntu 13.10
Barusan sy coba lagi menggunakan cara Command Line Upgrade dan proses sudah selesai sampai 100%. Tapi kenapa versinya tetap saja ya (13.10) belum berganti ke 14.04???

Tlg responnya ya, Gan...

Thx

13.10 adalah versi normal dan 14.04 adalah versi LTS
apakah agan menggunakan command line upgrade yang |Upgrade ke LTS Rilis dari Normal:,sperti dibawah ?

Upgrade ke LTS Rilis dari Normal:
Jika Anda berada di versi normal Ubuntu dan Anda ingin meng-upgrade ke versi LTS, sederhana ikuti panduan ini. Masukkan perintah berikut ini dalam terminal untuk menginstal Core Update-Manager:
sudo apt-get install update-manager-core

Sekarang masukkan berikut ini untuk membuka file rilis dalam Text Editor:
sudo gedit /etc/update-manager/release-upgrades
Sekarang ubah normal ke LTS di file teks yang terbuka
Prompt=lts
Sekarang masukkan perintah berikut ini dalam terminal untuk meng-upgrade
sudo apt-get update
sudo do-release-upgrade -d
atau menggunakan perintah ini untuk meng-upgrade
sudo apt-get dist-upgrade -d

Prompt=lts (sudah sesuai intruksi, Gan)

munculnya: Gtk warning***: theme parsing error: gtk-main css:2188:21: Failed to import: Error opening file: No such file or directory. dst...

sudo apt-get update

Reading package lists... done

sudo do-release-upgrade -d

Checking for a new ubuntu release
No new release found

Kira-kira ada kesalahan dimana ya, Gan?

Thx, mohon bantuannya

Daripada bingung - bingung dengan cara command line upgrade, kita kembali aja ke cara graphical upgrade, ikuti lg cara yang graphical upgrade di atas, setelah itu jangan lupa meubah menjadi Download from "Main Server". ini Screen Shot nya : http://4.bp.blogspot.com/-OqZXSRP3COs/U4QjV2rwIpI/AAAAAAAAAyY/rQizmbk-NmQ/s1600/Screenshot+from+2014-05-27+12:29:28.png

thx gan atas kunjungannya :D

Gan, Thx bgt ya atas respon dan perhatiaannya.

sudah aku coba, muncul keterangan, "The software on this computer is up to date"

Tapi kondisinya masih tetap versi 13.10. apakah ada langkah selanjutnya yg harus dilakukan setelah proses itu semua?

Thx ya, Gan...

coba deh agan ketik ini di terminal
sudo apt-get dist-upgrade -d

kalau blm berhasil , nanti saya coba tanyakan di forum :)

Hasilnya ini, Gan:

Reading package list... Done
Building dependency tree
Reading state information... Done
Calculating upgrade... Done
0 upgraded, 0 newly installed, 0 to remove and 0 not upgraded

Alhamdulillah, Gan, sekarang sudah berhasil..!!!

Setelah utak-atik akhirnya bisa juga. saya pake cara manual, cuma utk "OTHER SOFTWARE" tetap saya centang.

Terima kasih banyak ya, Gan, artikelnya sangat bermanfaat. GBU

Kira-kira apa pengaruhnya ya, jika "Other Software" dicentang semua saat melakukan upgrade. Thx ya Gan..

gan maaf saya mau nanya pas saya. klik star - search - update manaeger, tapi ko engga ketemu gan update manager nya?. mohon pencerahan nya gan

coba cari software updater gan

Thx sudah berkunjung :D

other software itu adalah repositori Pihak Ketiga, Saya senang sudah bisa bantu agan :D
Thx gan....

ane udah update dari 13.10 ke 14.04 dan udah berhasil tapi saat di restart kok jadi malah hang ya, setiap kali login setelah memasukkan pasword jadi hang ga kluar menu-menunya..gmn solusinya nih gan..

saya belum pernah mengalami itu, tapi apakah anda ada menyelasaikan sepenuhnya proses upgrade ? , apakah ada menginstall sesuatu setalah upgrade ?

Thx :)


upgrade sudah selesai pas saat minta restart, saya restart dan terjadilah keadaan seperti itu, jadi saya belum sempat instal apapun karena masuk ke dekstop aja kagak bisa.

Gan kalau mau upgrade dari versi 14.04.1 ke versi 14.04.2 caranya gmna sama atau tidak?

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik artikel di atas.

Jika Anda ingin komentar di luar topik postingan, silahkan masuk di Forum Kami.

Terima Kasih :D