Friday, May 30, 2014

5 Karakteristik CIO yang Baik

5 Karakteristik CIO yang Baik

Chief Information Officer (CIO).
Sebagai yang paling bertanggung jawab terhadap TI di suatu perusahaan, tentunya tidak mudah untuk menjadi seorang CIO. Berikut ini lima karakteristik untuk membantu Anda mempersiapkan diri sebelum ditunjuk menjadi seorang CIO.



1. Mengerti Bisnis

         Seseorang yang ingin menjadi CIO yang baik harus mengerti bisnis dari perusahaan tempat ia berkarya. Mengapa ? karena pemanfaatan TI ujung-ujungnya adalah kontribusi terhadap bisnis perusahaan. Dengan mengerti, ia memiliki ketajaman untuk mengambil keputusan. Pemahaman terhadapa proses bisnis membuatnya bisa menciptakan sistem informasi yang tepat, yang dapat meningkatkan bisnis. Jadi, mengerti bagaimana bisnis perusahaan sebenarnya, membuat alignment antara TI dengan bisnis menjadi optimal.
     
2. Punya Visi dan Strategi

      Untuk mencapai tujuannya meningkatkan bisnis perusahaan,  seorang CIO harus tahu ke mana dia akan membawa TI perusahaannya tersebut dan bagaimana caranya. Oleh karena itu, CIO yang baik perlu memiliki visi dan strategi. Dengan adanya visi ini, berbagai pihak yang terlibat maupun seluruh orang yang berada di bawah pimpinan CIO memiliki arah yang jelas. Dengan arah yang jelas ini, mereka bisa lebih align dengan apa yang hendak dicapai sang CIO.

3. Memiliki Kepemimpinan

      Sebagai pemimpin, CIO harus bisa membawa setiap orang yang berada di bawah pimpinannya untuk bergerak ke arah yang sama. Ke arah yang telah ditentukannya. Tidak sekedar mengikuti  karena instruksi maupun posisi CIO yang lebih tinggi, tetapi karena mereka percaya terhadap arah yang ditetapkan itu. Dengan kata lain, CIO yang Baik harus bisa menginspirasi para orang yang dipimpinnya sehingga percaya akan visi, goal, maupun strategi dari sang CIO.

4. Bisa Berinovasi

      Seseorang yang ingin menjadi CIO yang baik juga wajib memiliki pemikiran untuk membuat TI senantiasa memberikan competitive  advantage pada bisnis. Dengan kata lain, ia harus terus-menerus berinovasi agar TI bisa senantiasa memberikan peningkatan terhadap perusahaan. Oleh karena itu, ia harus mampu memberikan banyak ide dan up-to-date alias tidak tertinggal terhadap perkembangan teknologi.
      Selain kreatif, diperlukan kemauan untuk selalu belajar, mengikuti perkembangan teknologi, tren bisnis, maupun social interaction. Antara lain lewat rajin membaca, banyak mengikuti aneka forum teknologi di dalam maupun di luar negeri, maupun menyisihkan waktu khusus untuk belajar hal baru.

5. Mampu Bekerja Sama

     Seorang CIO tidak bekerja sendiri maupun dengan orang TI saja. Ia perlu bekerja dengan dengan berbagai unit lain. Tentunya ini tidak mudah. Karakteristik setiap unit lain itu tentu berbeda. Seoraing CIO yang baik harus bisa berkolaborasi dengan berbagai pihak yang terlibat, apakah itu bisnis, accounting, marketing, human resource, dan lainya.
     Saat berkomunikasi dengan pihak lain, ia harus menggunakan bahasa yang dimengerti bahasa bisnis. Ia juga harus melobi key people agar mendukung berbagai program TI yang melibatkan mereka maupun unit mereka.


Ini lah 5 karakteristik CIO yang baik, baca juga 8 Profesi Bidang IT Paling Dibutuhkan. Terima kasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat.

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik artikel di atas.

Jika Anda ingin komentar di luar topik postingan, silahkan masuk di Forum Kami.

Terima Kasih :D