Tuesday, April 15, 2014

Cara Memperpanjang Usia Baterai Android


Cara Memperpanjang Usia Baterai Android, Blackberry, IOS

        Umumnya, umur baterai perangkat Anda akan bertahan hingga 2-3 tahun. Jika Kamu baru sertahun membeli smartphone baru, namun baterainya sering cepat  habis, jangan-jangan ada yang salah dalam cara merawat baterai.

      Selain melakukan  beberapa konfigurasi, ada baiknya kamu melakukan tips men-charge berikut ini  untuk menjaga  agar umur baterai perangkat Kamu bertahan lama.


  1. Jangan pernah membiarkan baterai kamu habis hingga mati total atau nol persen. Berbeda dengan baterai zaman dulu  yang berbasis nikel, jika kamu melakukan charge baterai li-ion atau li-polimer pada saat perangkat mati total, justru akan memperburuk kualitasnya, dan memperpendek umur baterai. Karena, dalam waktu yang sama, proses charge baterai dari 0-50% akan memakan daya yang lebih besar dibandingkan  charge dari 50-100%.
  2. Jangan melakukan isi ulang  baterai hingga penuh. Cara terbaik menjaga baterai lithium-ion atau lithium-polimer pada perangkat agar bertahan lama adalah mencabut charger sebelum baterai kamu benar-benar penuh dan menjaga baterai  di sekitar angka 40-80%. Meski saat ini baterai perangkat sudah bisa menghentikan  charge saat sudah terisi penuh, sebaiknya hindari berlama-lama melakukan charge karena bisa membuat baterai menjadi panas atau menggelumbung.
  3. Gunakan charger yang tepat. Meski perangkat kamu bisa menggunakan charger yang berasal merek yang lain, sebaiknya usahakan untuk tetap menggunakan charger bawaannya. Hal tersebut mencegah baterai terisi  melebihi kapasitas dan bisa menyebabkan baterai meledak. Selain itu, charger bawaan perangkat saat ini biasanya sudah pintar, yang sudah mengusung feature "Auto curent cut", yang memutuskan arus ke baterai ketika baterai sudah penuh.
  4. Matikan saat men-charger perangkat. Semakin banyak cycle (charge, pakai, charge, pakai) akan semakin memperburuk kinerja baterai. Untuk itu, sebaiknya matikan perangkat saat baterainya diisi ulang atau setidaknya  saat berada dalam mode sleep.
  5. Hindari tempat panas. Mengapa ? sebab, salah satu musuh utama baterai li-ion dan li-polimer adalah panas. 

Semoga cara-cara di atas dapat membantu untuk mempertahankan  umur baterai perangkat Kamu. Selamat mencoba :D.
Tutorial ini juga dapat di gunakan di IOS, Windows Phone, Blackberry dan Perangkat lainnya selama perangkat tersebut menggunakan baterai lithium-ion atau lithium-polimer.




Silahkan berkomentar sesuai dengan topik artikel di atas.

Jika Anda ingin komentar di luar topik postingan, silahkan masuk di Forum Kami.

Terima Kasih :D